Mobil Toyota Kijang Paling Banyak Dicuri Selama 2010

Jakarta – Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman menyebut angka pencurian mobil mencapai 1.538 kasus sepanjang 2010. Dari ribuan kasus itu, mobil merek Toyota Kijang yang paling banyak dicuri.

“Yang paling banyak itu mobil keluaran Jepang, seperti Toyota Kijang. Karena mobil merek itulah yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat,” ujar Sutarman kepada wartawan di Jakarta, Kamis (30/12/2010).

Sementara untuk motor yang paling sering dicuri adalah jenis bebek. “Motor-motor yang besar juga ada, tapi nggak terlalu banyak,” katanya.

Berdasarkan data Biro Operasi Polda Metro Jaya, pada 2010 ini, kasus pencurian motor mencapai 8.649. Sementara yang terselesaikan sebesar 704 kasus atau sebesar 8,4 persennya. Sementara pencurian mobil pada 2010 mencapai 1.538 kasus dan yang terselesaikan dari ribuan kasus tersebut, hanya 156 kasus saja.

Kapolda mengungkapkan, modus operandi pelaku yang dilakukan dalam pencurian kendaraan ini  dengan menggunakan kunci letter T. Modus lain yakni dengan menggelapkan mobil dari rental atau show room.

“Misalnya mobil yang dirental ini kemudian dijual ke orang lain dengan dilengkapi BPKB palsu. Begitu juga kalau kredit mobil, belum selesai cicilannya, sudah digadaikan atau dijual ke orang lain,” jelasnya.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk berhati-hati memarkirkan kendaraannya. Masyarakat pemilik kendaraan juga diimbau untuk menggunakan kunci ganda atau melengkapi kendaraan dengan alarm pengaman.

“Jangan parkir sembarang, pakai kunci stang pada mobil atau pakai kunci ganda pada motor,” sarannya.

Masyarakat yang memiliki bisnis rental mobil juga diimbau untuk berhati-hati dalam menyewakan mobilnya. “Kalau bisa, selektif mungkin,” ucapnya.

Beda halnya dengan pencurian mobil secara konvensional (menggunakan letter T) yang sulit untuk diungkap, pencurian mobil dengan modus penggelapan ini bisa terungkap jika mobil tersebut dimutasi.

“Saat mutasi itu, nanti akan ketahuan jika BPKB-nya palsu,” katanya.

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s