topik hari inyyyyy

Rabu, 21 Januari 2009 | 14:06 WIB

TOKYO, RABU — Sebagai mitra kental, Jepang pun siap berjabat tangan erat bekerja sama dengan Pemerintah Amerika Serikat di bawah Presiden Barack Obama. “Kita sama-sama punya pandangan senada untuk menemukan jalan memulihkan krisis ekonomi global,” kata Perdana Menteri (PM) Taro Aso, Rabu (21/1).

Pemerintah Jepang saat ini tengah mencari waktu untuk pertemuan tingkat tinggi kedua negara. Negeri Matahari Terbit itu punya harapan besar untuk mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan di Asia Pasifik. Termasuk, merangkul Korea Utara.

Tokyo sendiri sesungguhnya juga ingin agar pertemuan dengan AS terlaksana sebelum tanggal 2 April tahun ini. Kalau terealisasi, acara itu bakal mendahului pertemuan pemimpin dunia di London yang mengagendakan persoalan krisis global.

Hubungan AS dan Jepang amat mesra saat Jepang masih dipimpin oleh PM Junichiro Koizumi dan negara adidaya itu dipimpin George W Bush. Tepatnya, pada 2001-2006.

Nah, kedua negara itu sempat “panas dingin” saat Washington memindahkan Korea Utara dari daftar hitam terorisme pada Oktober tahun lalu. Kala itu, Jepang keberatan karena ganjalan kasus penculikan warganya oleh agen rahasia Korea Utara pada 1970-an.

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s